PERAN
KREATIVITAS DALAM BELAJAR
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Kreativitas....................................................................... 2
2. Karakteristik
Individu Kreatif........................................................... 2
3. Tahap-Tahap
Berkembangnya Kreativitas........................................ 3
4. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Berkembangnya Kreativitas..... 3
5. Upaya
Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik
Dalam Proses
Pembelajaran............................................................... 4
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 6
PERAN
KREATIVITAS DALAM BELAJAR
1. Pengertian
Kreativitas
Para
ahli mengatakan bahwa kreativitas menunjukkan kemampuan seseorang untuk menciptakan
sebuah karya baru ataupun produk-produk kreasi. Jadi, kreativitas merupakan
aktivitas kognitif seseorang dalam menciptakan suatu hal baik itu hal yang baru
atau kombinasi dengan hal yang ada sebelumnya kemudian menjadi sesuatu yang
relatif berbeda.
2. Karakteristik
Individu Kreatif
Menurut Torrence,
ciri-ciri orang kreatif adalah:
·
Berani dalam pendirian,
·
Rasa ingin tahu yang
besar.
·
Mandiri dalam berpikir
dan menilai suatu hal
·
Menjadi pribadi yang
memikirkan tugas-tugasnya.
·
Bersifat intuitif
·
Teguh
·
Tidak menerima langsung
penilaian dari orang lain meski banyak yang menyetujuinya.
Beberapa para ahli telah
mengemukakan beberapa ciri-ciri orang kreatif dan dapat disipulkan bahwa
karakteristik individu kreatif adalah:
Ø Berani
untuk menyatakan dan mempertahankan pendapat.
Ø Tidak
mudah putus asa dan selalu mencoba sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.
Ø Memiliki
inisiatif untuk melakukan sesuatu yang ragu dilakukan oleh orang kebanyakan.
Ø Memiliki
ide-ide yang menciptakan hal atau suasana baru dalam interaksi di
lingkungannya.
Ø Tertarik
pada banyak hal dan ingin menguasai segalanya sebisa mungkin.
Ø Percaya
pada kemampuannya.
3. Tahap-Tahap
Berkembangnya Kreativitas
Menurut Cropley, terdapat 3 tahap
perkembangan kreativitas, yaitu:
A. Tahap Prekonvensional
(Preconventional Phase)
Tahap ini dimulai sejak anak berusia 6 tahun hingga 8 tahun.
Di tahap ini, seorang anak menunjukkan spontanitas dan emosional menghasilkan
suatu karya yang aestetik dan menyenangkan tanpa mengetahui aturan dan batasannya.
B. Tahap Konvensional (Conventional Phase)
Tahap ini
dimulai sejak anak berusia 9 hingga 12 tahun. Di tahap ini, seorang anak mulai
berfikir dan membatasi aturan-aturan sehingga menghasilkan suatu karya yang
kaku. Selain itu, kemampuan berpikir kritis dan evaluative.
C. Tahap Poskonvensional (Postconventional Phase)
Tahap ini dimulai sejak
anak berusia 12 tahun hingga dewasa. Di tahap ini, seseorang mulai menghasilkan
karya-karya baru denga batasan-batasan eksternal dan nilai-nilai konvensional
di lingkungan.
4. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Berkembangnya Kreativitas
Setiap anak
dilahirkan dengna bakat yang berbeda-beda. Secara garis besar, ada dua factor
yang mempengaruhi berkembangnya kreativitas, yaitu faktor internal dan faktor
eksternal.
Faktor internal
meliputi:
·
Genetik
Seseorang dilahirkan dengan membawa kode genetic dari orangtuanya.
·
Gender
Anak laki-laki biasanya dibeberi
perlakuan yang lebih mandiri sedangkan anak perempuan mendapat perlakuan yang
kurang memberi ruang eksplorasi.
·
Kesehatan
Sehat atau aktifnya indera seorang
anak akan berpengaruh pada suasana hati dan perilaku seorang anak.
·
Minat dan bakat
Ketika kita melakukan sesuatu yang
kita minati, maka kita akan mengetahui bakat kita dan kemudian akan berusaha
untuk terus mengasah kemampuan tersebut.
·
Motivasi
Motivasi akan memberi dorongan kepada
diri kita untuk melakukan sesuatu lebih dari sebelumnya.
·
Gaya belajar
Gaya belajar suatu anak menggambarkan
bagaimana proses perkembangan kreativitas seorang anak.
·
Kepribadian
Kepribadian seseorang akan mempengaruhi
bagaimana mereka akan mengembangkan kreativitas mereka.
Adapun faktor
eksternal meliputi:
·
Pola asuh anak
Pada faktor ini, peran keluarga
sangat besar dalam menentukan bagaimana seorang anak bersikap dan berperilaku yang
kemudian menggambarkan proses berkembangnya kreativitas.
·
Trilogi Pendidikan
Lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat sangat berperan besar dalam proses seorang anak mengembangkan
kreativitasnya.
·
Media
Media merupakan sumber informasi
seseorang mengenai hal yang tidak diketahuinya.
·
Display Lingkungan
Lingkungan memiliki peran dalam
merangsang kreativitas seorang anak.
5. Upaya
Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran
Ada beberapa upaya yang dapat
dilakukan seorang tenaga pendidik untuk membantu mengembangkan kreativitas
peserta didik dalam proses pembelajaran, di antarany adalah:
A. Menghargai
karya anak.
B. Menerima
anak apa adanya.
C. Memberi
motivasi pada anak.
D. Memberikan
rasa aman kepada anak.
E. Memberi
peluang kepada anak untuk mengikuti perlombaan yang sesuai dengan dirinya.
DAFTAR PUSTAKA
Didaksi.com
Eprints.uny.ac.id
Kompasiana.com
Psychologymaia.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar