TEORI
BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN (SOSIAL DAN HUMANISTIK)
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Belajar Menurut Teori Belajar Sosial dan Humanistik... 2
2. Prinsip-Prinsip
Belajar Menurut Teori Belajar Sosial dan
Humanistik......................................................................................... 2
3. Penerapan
Teori Belajar Sosial dan Humanistik Dalam
Pembelajaran...................................................................................... 3
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 4
TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN (SOSIAL
DAN HUMANISTIK)
1. Pengertian Belajar Menurut Teori Belajar Sosial
dan Humanistik
Menurut
Alex Sobur (2003), Belajar sosial merupakan kegiatan belajar yang bertujuan
untuk memperoleh pemahaman dan keterampilan terhadap masalah-masalah sosial
serta penyesuaian terhadap nilai-nilai sosial yang ada. Contohnya adalah
menyelesaikan masalah etnis antarkelompok.
Belajar
menurut teori belajar humanistik adalah kegiatan memanusiakan manusia melalui
motivasi dari diri sendiri. Teori belajar humanistik mengatakan bahwa setiap
individu memiliki kemampuan untuk mengasah potensinya sendiri. Teori belajar
humanistik memandang bahwa manusia sendiri yang menentukan tingkah lakunya.
2. Prinsip-Prinsip
Belajar Menurut Teori Belajar Sosial dan Humanistik
Menurut
Bandura, prinsip-prinsip belajar menurut teori belajar sosial adalah:
Prinsip faktor-faktor
belajar saling menentukan hasil belajar.
Kemampuan dalam membuat
dan memahami symbol, tanda, atau lambing.
Kemampan berfikir ke
depan dalam merencanakan tindakan untuk mencapai suatu tujuan.
Kemampuan dalam memahami
apa yang dialami oleh orang lain.
Kemampuan mengendalikan
diri sendiri.
Kesanggupan untuk
memikirkan dan menemukan kemampuan yang ada pada individu itu sendiri.
Roger mengungkap ada beberapa prinsip belajar menurut
teori belajar humanistik adalah sebagai berikut:
Secara alamiah, manusia
memiliki keinginan untuk belajar, rasa ingin tahu terhadap dunia, dan keinginan
untuk mengeksplorasi dan asimilasi pengalaman baru.
Kegiatan belajar akan
lebih cepat dan bermakna jika bahan yang dipelajari sesuai dengan kebutuhan
peserta didik.
Kegiatan belajar dapat
ditingkatkan dengan cara mengurangi ancaman dari luar.
Kegiatan belajar secara
partisipasif akan lebih efektif dari pada belajar secara pasif dan orang
belajar lebih banyak bila belajar atas pengarahan diri sendiri
Belajar atas keinginan
sendiri yang melibatkan pikiran dan perasaan.
Kebebasan, kreatifitas,
dan kepercayaan diri dalam belajar dapat ditingkatkan dengan mengevaluasi diri.
(Dakir, 1993: 64)
3. Penerapan
Teori Belajar Sosial dan Humanistik Dalam Pembelajaran
Menurut
Jeanne (2008: 5) ada beberapa penerapan teori belajar dalam pendidikan, yaitu:
v Membantu
peserta didik menguasai perilaku baru dengan memodelkan perilaku tersebut.
v Selalu
mengingat bahwa hasil pembelajaran yang baru tidak selalu tampak seketika,
melainkan tercemin pada perilaku peserta didik kelak di kemudian hari.
v Mendorong
peserta didik membuat pilihan-pilihan yang mengarah pada pengalaman pengalaman
belajar bermanfaat.
v Mendorong
peserta didik menetapkan tujuan-tujuan yang produktif bagi diri peserta didik
itu sendiri.
v Mengajari
peserta didik strategi-strategi untuk membantu diri mereka sendiri berperilaku
secara tepat dan belajar efektif.
Penerapan teori belajar
humanistic dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
Menerima peserta didik apa adanya.
Mengenali dan membina minat peserta didik.
Mengusahakan sumber belajar yang memberi pilihan kepada peserta didik
sesuai keinginan dan bakatnya.
Menggunakan pendekatan inquiry-discovery.
Menekankan pentingnya penilaian diri sendiri dan membiarkan peserta
didik mengambil tanggung jawab untuk mencapai tujuan belajarnya.
DAFTAR PUSTAKA
Alex,
Sobur. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.
Dakir.
1993. Dasar-Dasar Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ormrod, Jeanne Ellis. 2008. Psikologi Pendidikan
Jilid I. Jakarta: Erlangga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar