TAHAP-TAHAP
DAN TUGAS PERKEMBANGAN
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI……………………………………………….…..…….2
1. Tahap
Perkembangan Manusia…………………………...……...…3
2. Tugas-Tugas
Perkembangan Masa Kanak-Kanak/Anak……………4
3. Tugas
Perkembangan Masa Remaja………………………………..4
4. Tugas
Perkembangan Masa Dewasa………………………………..5
5. Tugas
Perkembangan dan Implementasinya dalam Pembelajaran….5
DAFTAR PUSTAKA……………………………………….………..6
TAHAP-TAHAP
DAN TUGAS PERKEMBANGAN
1. Tahap
Perkembangan Manusia
a) Tahap
Prenatal
Tahap
ini merupakan tahap paling awal perkembangan dari individu yang dimulai sejak
bertemunya sel telur dengan sel sperma. Pada tahap ini, seorang Ibu sangat
berperan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anaknya
b) Masa
Bayi
Tahap
ini dikenal dengan infalncy dan toddler. Tahap ini dimulai sejak anak berusia 0
hingga 3 tahun. Pada tahap ini, refleks dan otak seorang anak akan berkembang.
c) Masa
Kanak-Kanak Awal
Tahap
ini dimulai dari usia anak 3 tahun hingga 6 tahun. Pada tahap ini, kemampuan
motorik seorang anak akan berkembang sehingga anak akan menjadi sangat aktif.
d) Masa
Kanak-Kanak
Tahap
ini dimulai dari usia anak 6 hingga 11 atau 12 tahun. Pada tahap ini, kemampuan
kognitif seorang anak akan terlihat perkembangannya sehingga anak akan belajar
menggunakan logikanya dalam berpikir.
e) Masa
Remaja
Tahap
ini dimulai sejak usia 11 atau 12 hingga 20 tahun. Pada tahap ini, individu
mulai mencari jati dirinya dan kemampuan berpikir secara abstrak akan
berkembang sehingga individu belajar tentang tanggungjawab secara moral.
f) Tahap
Dewasa Awal
Tahap
ini dimulai sejak usia 20 hingga 40 tahun. Pada tahap ini, seorang individu
seharausnya sudah menemukan jati dirinya dan kemmapuan berpikirnya menjadi
lebih baik dan kontrol emosinya juga akan ikut membaik.
g) Tahap
Dewasa Madya
Tahap
ini dimulai sejak usia 40 hingga 65 tahun. Pada umumnya, kemampuan finansial
dan karir mencapai puncaknya. Kemampuan berpikir menajadi lebih matang.
h) Tahap
Dewasa Akhir dan Lansia
Tahap
ini dimulai sejak usia 65 hingga seterusnya. Pada tahap ini, individu mulai menikmati
hasil dari tahap dewasa, biasanya mereka akan menghabiskan waktu bersama
keluarga atau berjalan-jalan bersama orang yang dicintainya.
2. Tugas-Tugas
Perkembangan Masa Kanak-Kanak
Menurut Hurlock (1993),
ada beberapa tugas perkembangan masa kanak-kanak, yaitu
·
Individu belajar makan
makanan padat
·
Individu belajar berjalan
·
Individu belajar
berbicara atau berbahasa
·
Individu belajar
mengendalikan pembuangan kotoran tubuh
·
Individu belajar
perbedaan seks dan tata caranya
·
Individu mempersiapkan
diri untuk membaca
·
Individu mulai membedakan
yang benar dan yang salah
3. Tugas
Perkembangan Masa Remaja
·
Dapat menerima
dirinya
·
Memahami mengenai seks
·
Dapat berhubungan baik dengan orang lain yang
berlawanan jenisnya
·
Dapat mengendalikan emosi
·
Dapat mengendalikan finansialnya
·
Dapat mengembangkan keterampilan intelektual
·
Mempersiapkan diri untuk perkawinan
·
Mempersiapkan tanggungjawab untuk berkeluarga
4. Tugas
Perkembangan Masa Dewasa
Menurut Havighurst (Turner dan Helms,
1995) mengemukakan beberapa tugas perkembangan masa dewasa, yaitu:
·
Mencari dan menemukan
pasangan hidup
·
Membina kehidupan rumah tangga
·
Meniti karir
·
Menjadi warga negara yang
bertanggungjawab
5. Tugas
Perkembangan dan Implementasinya dalam Pembelajaran
Menurut
Havighurst, tugas perkembangan adalah tugas yang harus diselesaiakn oleh
individu pada setiap tahap-tahap perkembangan. Jika tugas tersebut tidak dapat
diselesaikan, individu akan mengalami kesulitan dalam memasuki tahap
perkembangan selanjutnya dan kemudian individu tersebut akan merasa kecewa dan
berprasangka buruk terhadap lingkungan sekitarnya.
Dalam
menyelesaikan tugas-tugas perkembangan, terdapat faktor-faktor yang
mempengaruhinya, yaitu factor internal dan factor eksternal.
·
Faktor Internal
Faktor
ini meliputi normal atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan kesehatan, dan
motivasi seseorang untuk menguasai tugas-tugas perkembangan.
·
Faktor Eksternal
Faktor
ini meliputi keluarga, lingkungan, dan segala aspek di sekitar orang itu.
DAFTAR PUSTAKA
Psikoma.com
Psychologymania.com
Belajarpsikologi.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar