Sabtu, 15 Agustus 2020

TAHAP-TAHAP DAN TUGAS PERKEMBANGAN - Resume Psikologi Pendidikan

TAHAP-TAHAP DAN TUGAS PERKEMBANGAN

Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.

logo unp

 

Disusun oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)

 

 

 

 

 

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2019


DAFTAR ISI

DAFTAR ISI……………………………………………….…..…….2

1. Tahap Perkembangan Manusia…………………………...……...…3

2. Tugas-Tugas Perkembangan Masa Kanak-Kanak/Anak……………4

3. Tugas Perkembangan Masa Remaja………………………………..4

4. Tugas Perkembangan Masa Dewasa………………………………..5

5. Tugas Perkembangan dan Implementasinya dalam Pembelajaran….5

DAFTAR PUSTAKA……………………………………….………..6


TAHAP-TAHAP DAN TUGAS PERKEMBANGAN

1. Tahap Perkembangan Manusia

a)      Tahap Prenatal

Tahap ini merupakan tahap paling awal perkembangan dari individu yang dimulai sejak bertemunya sel telur dengan sel sperma. Pada tahap ini, seorang Ibu sangat berperan penting untuk memenuhi kebutuhan gizi anaknya

b)      Masa Bayi

Tahap ini dikenal dengan infalncy dan toddler. Tahap ini dimulai sejak anak berusia 0 hingga 3 tahun. Pada tahap ini, refleks dan otak seorang anak akan berkembang.

c)      Masa Kanak-Kanak Awal

Tahap ini dimulai dari usia anak 3 tahun hingga 6 tahun. Pada tahap ini, kemampuan motorik seorang anak akan berkembang sehingga anak akan menjadi sangat aktif.

d)      Masa Kanak-Kanak

Tahap ini dimulai dari usia anak 6 hingga 11 atau 12 tahun. Pada tahap ini, kemampuan kognitif seorang anak akan terlihat perkembangannya sehingga anak akan belajar menggunakan logikanya dalam berpikir.

e)      Masa Remaja

Tahap ini dimulai sejak usia 11 atau 12 hingga 20 tahun. Pada tahap ini, individu mulai mencari jati dirinya dan kemampuan berpikir secara abstrak akan berkembang sehingga individu belajar tentang tanggungjawab secara moral.

f)       Tahap Dewasa Awal

Tahap ini dimulai sejak usia 20 hingga 40 tahun. Pada tahap ini, seorang individu seharausnya sudah menemukan jati dirinya dan kemmapuan berpikirnya menjadi lebih baik dan kontrol emosinya juga akan ikut membaik.

g)      Tahap Dewasa Madya

Tahap ini dimulai sejak usia 40 hingga 65 tahun. Pada umumnya, kemampuan finansial dan karir mencapai puncaknya. Kemampuan berpikir menajadi lebih matang.

h)      Tahap Dewasa Akhir dan Lansia

Tahap ini dimulai sejak usia 65 hingga seterusnya. Pada tahap ini, individu mulai menikmati hasil dari tahap dewasa, biasanya mereka akan menghabiskan waktu bersama keluarga atau berjalan-jalan bersama orang yang dicintainya.

2. Tugas-Tugas Perkembangan Masa Kanak-Kanak

Menurut Hurlock (1993), ada beberapa tugas perkembangan masa kanak-kanak, yaitu

·         Individu belajar makan makanan padat

·         Individu belajar berjalan

·         Individu belajar berbicara atau berbahasa

·         Individu belajar mengendalikan pembuangan kotoran tubuh

·         Individu belajar perbedaan seks dan tata caranya

·         Individu mempersiapkan diri untuk membaca

·         Individu mulai membedakan yang benar dan yang salah

3. Tugas Perkembangan Masa Remaja

·                      Dapat menerima dirinya

·                      Memahami mengenai seks

·                      Dapat berhubungan baik dengan orang lain yang berlawanan jenisnya

·                      Dapat mengendalikan emosi

·                      Dapat mengendalikan finansialnya

·                      Dapat mengembangkan keterampilan intelektual

·                      Mempersiapkan diri untuk perkawinan

·                      Mempersiapkan tanggungjawab untuk berkeluarga

 

 

4. Tugas Perkembangan Masa Dewasa

Menurut Havighurst (Turner dan Helms, 1995) mengemukakan beberapa tugas perkembangan masa dewasa, yaitu:

·         Mencari dan menemukan pasangan hidup

·         Membina kehidupan rumah tangga

·         Meniti karir

·         Menjadi warga negara yang bertanggungjawab

5. Tugas Perkembangan dan Implementasinya dalam Pembelajaran

Menurut Havighurst, tugas perkembangan adalah tugas yang harus diselesaiakn oleh individu pada setiap tahap-tahap perkembangan. Jika tugas tersebut tidak dapat diselesaikan, individu akan mengalami kesulitan dalam memasuki tahap perkembangan selanjutnya dan kemudian individu tersebut akan merasa kecewa dan berprasangka buruk terhadap lingkungan sekitarnya.

           Dalam menyelesaikan tugas-tugas perkembangan, terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya, yaitu factor internal dan factor eksternal.

·               Faktor Internal

Faktor ini meliputi normal atau tidaknya pertumbuhan dan perkembangan kesehatan, dan motivasi seseorang untuk menguasai tugas-tugas perkembangan.

·         Faktor Eksternal

Faktor ini meliputi keluarga, lingkungan, dan segala aspek di sekitar orang itu.

 


 

DAFTAR PUSTAKA

Psikoma.com

Psychologymania.com

Belajarpsikologi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar