MOTIVASI
DALAM BELAJAR
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Motivasi........................................................................... 2
2. Fungsi
Motivasi................................................................................. 2
3. Teori-Teori
Motivasi......................................................................... 3
4. Upaya
Guru Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.............. 4
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 5
MOTIVASI DALAM BELAJAR
1. Pengertian Motivasi
Motivasi adalah segala
sesuatu yang mendorong seseorang untuk melakukan suatu hal. Motivasi adalah hal
yang sangat penting karena dengan adanya motivasi, jiwa akan terus tersemangati
untuk terus melangkah maju. Motivasi bisa berasal dari orang tua, teman, guru,
dan orang lain. Namun, motivasi yang paling besar berasal dari diri sendiri.
Seiring berjalannya waktu, semangat untuk terus melakukan suatu hal akan
semakin surut, di saat inilah motivasi sangat berperan penting bagi seseorang
(Cahyo Utomo, 2014: 11).
2. Fungsi
Motivasi
Motivasi sangat berperan penting dalam meningkatkan
kualitas seorang manusia Dengan motivasi, seseorang dapat menjadi gemilang dan
berhasil untuk menjalani hidup dan kehidupan.
Cita-cita dapat kita raih dengan adanya motivasi yang
kuat dalam diri kita masing-masing. Tanpa motivasi, sulit rasanya motivasi
dapat diraih. Meski demikian, membangun motivasi yang kuat dalam diri sendiri
sangatlah sulit. Terkadang, cita-cita yang besar terkendala oleh berbagai hal
yang berasal dari diri sendiri seperti lemahnya motivasi dalam diri.
Robert K. Cooper mengatakan jika hati dapat
mengatifkan nilai-nilai dalam diri terdalam yang awalnya merupakan hanya
pemikiran dan niat, kemudian mengubahnya menjadi sesuatu yang nyata dan
diwujudkan dengan melakukan suatu hal. Hati adalah sumber semangat dan
keberanian, integritas, serta komitmen. Hati merupakan perasaan yang mendalam
yang mendorong kita untuk melakukan pembalajaran, kerjasama, memimpin, dan melayani.
Motivasi diperlukan agar sesuatu hal yang kita jalani
dapat berjalan dengan lancer sesuai yang diharapkan dan memperoleh hasil yang
maksimal. Dengan motivasi, kinerja akan suatu hal yang kita lakukan akan
memperlihatkan apakah kita sudah kita sudah bekerja secara maksimal atau belum.
Motivasi yang kuat dan pemikiran yang positif membantu kita membangun pribadi
yang memiliki impian dalam memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelunya
(Indri Dayana, 2017: 15-17).
3. Teori-Teori
Motivasi
Banyak terdapat teori-teori motivasi. Namun, terdapat
lima teori motivasi yang akan dibahas pada resume ini, yaitu:
A.
Teori Hierarki Maslow
Teori ini mengatakan bahwa terdapat lima kebutuhan
manusia didasarkan pada hirarkinya. Adapun 5 kebutuhan tersebut adalah,
·
Kebutuhan fisiologis.
·
Kebutuhan keamanan.
·
Kebutuhan sosial.
·
Kebutuhan penghargaan.
·
Kebutuhan aktualisasi diri.
B.
Teori MC Clelland
Menurut Clelland seseorang memperoleh motivasi jika
terdapat keinginan yang kuat dalam dirinya untuk mendapatkan hasil yang lebh baik
dari sebelumnya. Terdapat 3 kebutuhan yang dipaparkan dalam teori ini, yaitu:
·
Kebutuhan prestasi.
·
Kebutuhan afiliasi.
·
Kebuthan kekuasaan.
C.
Teori X dan Y Mc Gregor
Teori x dan y Mc Gregor menggabungkan teori
eksternal dan internal yang kemudian dikembangkan Mc Gregor.
D.
Teori Motivasi Herzberg
Teori Herzberg dikenalkan dengan teori dua faktor.
Teori ini menjelaskan bagaimana seseorang dapat memberi kepuasan dalam kerja.
E.
Teori ERG Clyton Alderfer
Teori yang ini dikemukakan oleh Clyton Alderfer.
ERG merupakan kepanjangan dari Existence Relatedness Growth. Existence
artinya kebutuhan akan eksistensi, Relatedness artinya kebutuhan yang
berkaitan dengan kebuthan yang lainnya, dan Growth artinya kebutuhan
untuk tumbuh.
4.
Upaya Guru Untuk
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
Menurut Sardiman (2005; 92), ada beberapa upaya yang
dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, yaitu:
·
Memberi angka. Angka di sini
merupakan nilai yang diberi atas hasil kerja anak murid sehingga anak murid
termotivasi untuk memperoleh nilai yang lebih baik.
·
Hadiah. Hadiah akan membuat siswa
tertarik untuk melakukan sesuatu hingga ia berhasil memperoleh hadiah tersebut.
Misalnya memberi hadiah kepada murid yang berprestasi.
·
Ego involvement, yaitu
menumbuhkan kesadaran kepada siswa akan pentingnya tugas dan menerimanya
sebagai bentuk tantangan.
·
Memberi ulangan sehingga siswa
terpacu untuk melakukan yang terbaik untuk hasil yang maksimal.
·
Memberi pujian yang akan
mendorong siswa untuk lebih bersemangat melakukan sesuatu.
·
Memberi hukuman. Hukuman yang
tidak berlebihan dapat memotivasi siswa untuk melakukan yang lebih baik agar
tidak dapat hukuman lagi.
DAFTAR PUSTAKA
Dayana, Indri. 2017. Motivasi Kehidupan.
Jakarta: Guepedia.
Sardiman.
Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Utomo, Cahyo. 2014. Motivasi Bagi Penghafal
KalamNya. Jakarta: Guepedia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar