TEORI
BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN (LANJUTAN)
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif.......................... 2
2. Prinsip-Prinsip
Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif................... 2
3. Penerapan
Teori Belajar Kognitif Dalam Pembelajaran.................... 3
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 4
TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN
(LANJUTAN)
1. Pengertian
Belajar Menurut Teori Belajar Kognitif
Teori belajar
kognitif adalah teori yang menjelaskan bahwa belajar adalah proses perubahan
presepsi dan pemahaman yang dapat diamati dengan focus pada proses
pembelajaran. Piaget (2000) mengatakan bahwa kegaitan belajar akan lebih
berhasil jika dilakukan sesuai dengan perkembangan kognitif siswa. Teori
belajar kognitif menekankan pada proses pembelajaran internal, yaitu proses
mental manusia. (Rusman, 2017 : 19).
Menurut Harmer
(2002), ketika belajar, guru perlu memerhatikan faktor usia, perbedaan siswa,
dan motivasi siswa. Berbeda usia akan berbeda juga kompetensi, kebutuhan, dan
kemampuan kognitifnya. (Imtima. 2007: 83)
2. Prinsip-Prinsip
Belajar Menurut Teori Belajar Kogntif
Secara umum, prinsip teori belajar
kognitif adalah sebagai berikut:
a.
Proses lebih utama
daripada hasil.
b.
Pemahaman terhadap
situasi dan persepsi menentukan tingkah laku seseorang berhubungna dengan
tujuan belajar
c.
Perubahan persepsi
merupakan proses pembelajaran yang tidak selalu dalam bentuk tingkah laku
d.
Belajar merupakan proses
internal dari memperoleh informasi. Ingatan, pengolahan informasi dan aspek
kejiwaan yang lainnya.
e.
Belajar adalah aktivitas
berpikir secara kompleks.
f.
Partisipasi dan keatifan
dari peserta didik sangat penting dalam proses pembelajaran.
g.
Materi pembelajaran yang
diberikan dimulai dari yang sederhana ke kompleks.
3.
Penerapan Teori Belajar Kognitif
Dalam Pembelajaran
Secara
khusus, dalam penerapan teori pembelajaran kognitif ada model belajar Bruner, Ausubel,
Gagne, dan perkembangan intelektual Piaget. Secara umum, penerapan teori
belajar kognitif adalah:
a.
Peserta didik harus
dibimbing agar berpartisipasi dalam proses pembelajaran secara aktif.
b.
Perhatian utama terletak
pada bahan dan metode pembelajaran. Misalnya penggunaan sempoa untuk membantu
anak SD dalam penjumlahan dan pengurangan angka.
c.
Ketika melaksanakan
kegiatan belajar, guru memperhatikan perkembangan kognitif siswanya hingga
materi dirancang sesuai dengan kemampuan kognitif siswa.
d.
Pusat belajar adalah
peserta didik. Agar proses belajar dapat berjalan, harus tidak ada unsur
paksaan agar sifat egosentrisnya tidak terbunuh.
DAFTAR PUSTAKA
Rusman.
2017. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kenacana.
Imtima.
2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Grafindo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar