TEORI
BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Belajar Menurut Teori Behavioristik............................... 2
2. Prinsip-Prinsip
Belajar Menurut Teori Belajar Behavioristik........... 2
3. Penerapan
Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran............ 3
DAFTAR
PUSTAKA.................................................................................. 4
TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN
1. Pengertian Belajar Menurut Teori Behavioristik
Berdasarkan
pada teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku yang dapat diamati
secara langsung dan terjadi melalui terkaitan stimulus- stimulus dan
respon-respon menurut prinsip-prinsip mekanistik. (Efendi: 44)
Teori
belajar behavioristik adalah pandangan tentang belajar sebagai perubahan
tingkah laku dalam sebagai akibat dari interaksi antara stimulus (ranngsangan)
dan respon (perilaku reaktif). Belajar adalah perbahan kemampuan siswa untuk
bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil dari interaksi antara
stimulus dan respon. Konsep behavioristik memandang bahwa perilaku seseorang
adalah hasil belajar yang dapat diubah dengan memanipulasi dan mengkreasi
kondisi-kondisi belajar dengan berbagai media untuk memperkuat dan
mempertahankan perilaku atau hasil belajar
yang dikehendaki. (Yuni Pantiwati. 2018: 29-30)
2.
Prinsip-Prinsip Belajar
Menurut Teori Belajar Behavioristik
Teori belajar behavoristik sudah lama digunakan untuk
mendorong perilaku yang diinginkan dan menghindari perilaku yang tidak
diinginkan. Prinsip-prinsip belajar menurut teori belajar behavioristik dalam
(Muhibbin. 2003)
a)
Modifikasi tingkah laku
yang tepat pada tingkah laku yang diberikan.
b)
Mengurangi arus frekuensi
dalam pembelajaran.
c)
Memberikan penguatan pada
respon yang menghambat proses tingkah laku.
d)
Mengkondisikan perubahan
tingkah laku yang diberikan.
e)
Merencanakan prosedur
tentang apa yang akan diberikan agar terwujud tingkah laku yang diharapkan.
3. Penerapan
Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran
Teori behavioristik
memudahkan proses pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran yang
lebih mengutamakan penyampaikan dan apa yang disampaikan. Teori behavioristik
dalam pembelajaran digunakan untuk:
- Menentukan tujuan dari pembelajaran.
- Menganalisis dan mengidentifikasi pengetahuan
siswa.
- Menentukan materi yang akan disampaikan
- Mengkreasi metode pembelajaran.
- Memberi stimulus kepada anak didik.
- Mengamati dan mengkaji respon dari anak didik.
- Memberikan penguatan kepada anak didik.
- Mengevaluasi hasil belajar dari anak didik.
DAFTAR PUSTAKA
Pantiwati, Yuni. 2018. Belajar
dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Efendi.
Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik: Guepedia.
Muhibbin,
Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar