Sabtu, 15 Agustus 2020

TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN - Psikologi Pendidikan

 

TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN

Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.

logo unp

 

Disusun oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)

 

 

 

 

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI PADANG

2019


DAFTAR ISI

DAFTAR ISI................................................................................................ 1

1.      Pengertian Belajar Menurut Teori Behavioristik............................... 2

2.      Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Teori Belajar Behavioristik........... 2

3.      Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran............ 3

DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 4


TEORI BELAJAR DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN

1.   Pengertian Belajar Menurut Teori Behavioristik

Berdasarkan pada teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku yang dapat diamati secara langsung dan terjadi melalui terkaitan stimulus- stimulus dan respon-respon menurut prinsip-prinsip mekanistik. (Efendi: 44)

Teori belajar behavioristik adalah pandangan tentang belajar sebagai perubahan tingkah laku dalam sebagai akibat dari interaksi antara stimulus (ranngsangan) dan respon (perilaku reaktif). Belajar adalah perbahan kemampuan siswa untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil dari interaksi antara stimulus dan respon. Konsep behavioristik memandang bahwa perilaku seseorang adalah hasil belajar yang dapat diubah dengan memanipulasi dan mengkreasi kondisi-kondisi belajar dengan berbagai media untuk memperkuat dan mempertahankan perilaku atau hasil belajar  yang dikehendaki. (Yuni Pantiwati. 2018: 29-30)

2.      Prinsip-Prinsip Belajar Menurut Teori Belajar Behavioristik

Teori belajar behavoristik sudah lama digunakan untuk mendorong perilaku yang diinginkan dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan. Prinsip-prinsip belajar menurut teori belajar behavioristik dalam (Muhibbin. 2003)

a)      Modifikasi tingkah laku yang tepat pada tingkah laku yang diberikan.

b)      Mengurangi arus frekuensi dalam pembelajaran.

c)      Memberikan penguatan pada respon yang menghambat proses tingkah laku.

d)      Mengkondisikan perubahan tingkah laku yang diberikan.

e)      Merencanakan prosedur tentang apa yang akan diberikan agar terwujud tingkah laku yang diharapkan.

 

 

 

3.      Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran

Teori behavioristik memudahkan proses pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran yang lebih mengutamakan penyampaikan dan apa yang disampaikan. Teori behavioristik dalam pembelajaran digunakan untuk:

  1. Menentukan tujuan dari pembelajaran.
  2. Menganalisis dan mengidentifikasi pengetahuan siswa.
  3. Menentukan materi yang akan disampaikan
  4. Mengkreasi metode pembelajaran.
  5. Memberi stimulus kepada anak didik.
  6. Mengamati dan mengkaji respon dari anak didik.
  7. Memberikan penguatan kepada anak didik.
  8. Mengevaluasi hasil belajar dari anak didik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Pantiwati, Yuni. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Efendi. Konsep Pemikiran Edward L. Thorndike Behavioristik: Guepedia.

Muhibbin, Syah. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar