PERAN
BAKAT DALAM PROSES BELAJAR
Resume ini diajukan untuk memenuhi nilai Psikologi Pendidikan.
Disusun
oleh:
Zhafira Fanmita (19035125)
FAKULTAS
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2019
DAFTAR
ISI
DAFTAR
ISI................................................................................................ 1
1. Pengertian
Bakat..................................................................................... 2
2. Jenis
– Jenis Bakat................................................................................... 2
3. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Bakat..................... 3
4. Usahakan
Guru untuk Mengenali dan Mengembangkat Bakat............... 3
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 5
PERAN
BAKAT DALAM PROSES BELAJAR
1. Pengertian
Bakat
Menurut
Sunarto (2008:121): “Bakat memungkinkan seseorang untuk mencapai prestasi dalam
bidang tertentu, akan tetapi perlu latihan, pengetahuan, pengalaman dan
motivasi agar bakat itu dapat terwujud”. Menurut Utami Munandar (1992:17),
bakat adalah kemampuan bawaan, sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan
dan dilatih agar dapat terwujud. Bakat menurut Bingham dalam Sumadi Suryabrata
(1984:161) menitikberatkan pada segi apa yang dapat dilakukan oleh individu,
jadi performanse, setelah individu mendapatkan latihan. Jadi, dapat disimpulkan
bahwa bakat merupakan suatu kondisi individu yang mempunyai kemampuan bawaan
dengan mendapat suatu latihan memungkinkan mencapai suatu kecakapan, pengetahuan
dan keterampilan.
2. Jenis-Jenis
Bakat
Menurut
Mohammad Surya menggolongkan minat menjadi tuga jenis berdasarkan sebab musabab
atau alasan timbulnya minat antara lain:
1) Minat volunter adalah
minat yang timbul dari dalam diri anak tanpa adanya pengaruh dari luar.
2) Minat involunter
adalah minat yang timbul daari dalam diri anak dengan adanya pengaruh situasi
yang diciptakan oleh orang tua.
3) Minat Nonvolunter
adalah minat yang timbul dari dalam diri siswa secara paksa atau dihapuskan.
Super
dan krits dalam Dewi suhartini membagi minat menurut jenis pengekspreesian
menjadi 4 yaitu:
1) Expressed interest,
minat yang diekspresikan melaui verbal yang menunjukkan apakah seseorang itu
menyukai atau tidak menyukai suatu objek atau aktivitas.
2) Manifest interest,
minat yang disimpulkan dari keikutsertaan individu pada suatu kegiatan
tertentu.
3) Tested interest, minat
yang disimpulkan dari tes pengetahuan atau ketrampilan dalam suatu kegiatan.
4) Inventoried interest,
minat yang diungkapkan melalui inventori minat atau daftar aktivitas dan
kegiatan yang sama dengan pernyatan.
3. Faktor-Faktor
yang Mempengaruhi Perkembangan Bakat
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perkembangan bakat ada factor internal dan faktor eksternal.
Faktor internal di antaranya adalah:
·
Taraf Kecerdasan
Faktor
ini meliputi kemampuan belajar, menalar, dan memecahkan masalah seorang anak.
·
Konsep Diri
Faktor
ini maksudnya adalah bagaimana seseorang melihat potensi-potensi yang ada pada
dirinya.
·
Motivasi Berprestasi
Motivasi
berprestasi maksudnya adalah dorongan-dorangan agar seseorang berhasil meraih
apa yang ia cita-citakan.
·
Sikap
Sikap
di sini maksudnya adalah bagaimana seseorang menerima atau menolak sesuatu atas
penilaiannya terhadap sesuatu.
·
Sistem Nilai
Sistem
nilai maksudnya adalah keyakinan seseorang tentang cara bertingkah laku dan
hasil akhirnya yang diinginkan.
Adapun
faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi perkembangan bakat seseorang adalah
lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Ketiga lingkungan
ini berperan sangat penting dalam perkembangan bakat seorang anak.
4. Usahakan
Guru untuk Mengenali dan Mengembangkat Bakat
Ada beberapa usaha yang dapat dan
seharusnya dilakukan seorang guru untuk mengenali dan mengembangkan bakat
peserta didiknya, di antaranya:
·
Bantu peserta didik
meyakini dan focus pada bakatnya
·
Kembangkan konsep diri
yang positif
·
Bantu peserta didik untuk
menambah wawasannya dan menambah pengalaman belajarnya lebih luas lagi
·
Memberi dorongan kepada
peserta didik untuk menekuni bidanganya masing-masing.
·
Stimulasi peserta didik
untuk meluaskan bakatnya
·
Memberi penghargaan dan
pujian terhadap usaha yang dilakukan peserta didik.
·
Menyediakan fasilitas dan
sarana untuk mengembangkan bakat.
·
Membantu peserta didik
dalam beberapa kendala yang dilaluinya.
·
Membantu menyalurkan
bakat peserta didik.
·
Memberi kesempatan bagi
setiap peserta didik untuk mengikuti lomba sesuai dengan potensinya
masing-masing.
DAFTAR PUSTAKA
Dewi
Suhartini. “Minat Siswa terhadap Topik-topik Mata Pelajaran Sejarah dan
Beberapa Faktor yang Melatarbelakanginya,” Thesis,: Fakultas Psikologi,
Bandung, 2000, h. 56.
Dosenpsikologi.com
Mohammad
Surya, Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, (Bandung: Pustaka Quraisy, 2007),
h. 122.
Pustakatoday.com
Sumadi
Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sunarto,
(2008), Perkembangan Peserta Didik, Jakrta : Rineke Cipta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar